Alat Kontrasepsi Bisa Jebol? Ini Alasannya!

0
306
views
Alat Kontrasepsi Bisa Jebol? Ini Alasannya!

Megawarta.comAlat kontrasepsi tentu sebuah alat yang sudah tidak asing lagi bagi kita, terlebih untuk pasangan yang sudah menikah dan memiliki buah hati. Alat kontrasepsi memang penting digunakan bagi pasangan yang sudah menikah dengan tujuan agar dapat mencegah kehamilan.

Namun tetap saja ada yang sudah menggunakan alat kontrasepsi masih saja kebobolan atau hamil. Mengapa hal ini bisa terjadi? Jaminan yang diberikan pada alat kontrasepsi memang tidak bisa 100% mencegah kehamilan. Dan sebenarnya ada beberapa alasan mengapa alat kontrasepsi Anda bisa jebol hingga terjadi kehamilan. Berikut informasi selengkapnya.

Anda sedang minum Rifampisin

Alasan yang pertama adalah ketika Anda sedang meminum rifampisin. Ini adalah obat antibiotik dengan spektrum yang luas. Jika Anda mengkonsumsinya bisa mengganggu sistem kerja alat KB yang Anda gunakan, misalnya saja pil KB, cincin vagina, dan yang lain sebagainya. Untuk informasi lebih lanjut disarankan agar Anda berkonsulasi pada dokter ahli.

Baca juga: Mengapa menopause dini bisa terjadi? berikut 5 alasannya

Salah memilih pelumas

Alasan yang kedua adalah saat Anda salah dalam memilih pelumas. Sebagian pasangan memang lebih senang menggunakan pelumas yang berfungsi sebagai alat untuk membantu saat berhubungan intim. Yang perlu Anda tahu adalah tentang komposisi bahan yang dibuat dari pelumas yang Anda gunakan. Sebaiknya gunakan pelumas yang memiliki bahan dasar air dan juga silikon.

Anda tidak berhati-hati dengan kuku panjang Anda

Alasan ketiga yakni jika Anda menggunakan kuku panjang, sebaiknya berhati-hati. Ini disebabkan karena dapat menjadi pemicu kondom yang Anda gunakan menjadi robek. Kondom yang terkena kuku lancip Anda meskipun itu kecil, juga bisa menyebabkan gagalnya pencegahan kehamilan pada istri Anda. Sehingga ada baiknya hindari memiliki kuku panjang.

Tidak konsisten

Alasan selanjutnya adalah ketika Anda tidak konsisten dengan melewatkan mengkonsumsi pil KB sebanyak 3 kali. Dengan melewatkan 3 kali tidak meminum pil KB maka bisa membuat jebolnya pertahanan Anda untuk tidak hamil selama 7 hari. Jika Anda tidak ingin hal tersebut terjadi, maka disarankan untuk rutin mengkonsumsi pil Kb dan menggunakan kondom, ini akan mencegah kehamilan hingga 7 hari.

Tidak mengeksplorasi

Alasan selanjutnya adalah bagi pasangan yang tidak mengeksplorasi. Misalnya saja ada pasangan yang tidak rutin mengkonsumi pil KB, tidak nyaman menggunakan kondom. Seharusnya langkah yang benar adalah dengan mencoba atau mengeksplorasi alat-alat kontrasepsi yang lainnya. Jika masih bingung dan ragu, Anda dan pasangan dapat berkonsultasi dengan dokter ahli agar tidak salah dalam memilih alat kontrasepsi dan juga sesuai dengan yang Anda inginkan.

Memilih pil yang keliru

Selanjutnya saat Anda salah memilih pil KB yang salah atau keliru. Perlu Anda ketahui jika pil KB memiliki banyak tipe dan juga memiliki efek dan penggunaan yang berbeda. bagi Anda yang menderita masalah jantung, migren, atau penyakit lain bahkan sedang menyusui,sebaiknya memilih pil mini atau progestin untuk KB.

Sumber: Vemale.com

(Julie)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY