4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan

0
379
views
4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan
ilustrasi via: kratonpedia.com

Megawarta.com – Apakah Anda sudah menyiapkan daftar tempat wisata kuliner mana saja yang akan Anda kunjungi bersama keluarga Anda? Jika belum, tak ada salahnya lho Anda berkunjung ke kota Solo yang memiliki berbagai macam kuliner khas yang tentunya pasti bikin Anda ketagihan.

Dan berikut ini 4 kuliner khas Solo yang wajib Anda kunjungi jika Anda sedang berlibur kesana ya, dijamin pasti bikin lidah Anda bergoyang ketagihan. Simak selengkapnya ya.

Nasi Liwet

Kuliner khas Solo yang pertama adalah Nasi liwet. Rasanya yang sangat lezat ditambah dengan penyajiannya yang sangat khas tentu kuliner ini wajib Anda coba ya. Nasi liwet di masak dengan di beri kuah kaldu ayam, sehingga rasa dari nasi ini sangat gurih. Untuk menemani nasi liwet ini biasanya di tambahkan dengan sayur labu siam yang di masak dengan kuah santan, lalu ada telur rebus yang di pindang atau di bacem, daging ayam yang di suwir dan juga yang menjadi ciri khasnya adalah areh yakni santan yang dimasak kental dan gurih. Saat Anda menyantap nasi liwet ini biasanya di bungkus pincuk dengan menggunakan daun pisang. Jika Anda tertarik Anda bisa langsung mencobanya ya, karena warung nasi liwet banyak tersebar di sudut kota Solo ini.

4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan
ilustrasi via: kidsklik.com

Timlo

Sajian kuliner khas Solo yang kedua adalah Timlo. Makanan ini memang melekat dengan nama sebuah grup band humor yang sudah cukup terkenal di layar televisi Anda. Nah bagi Anda yang belum mencoba, wajib di coba ya sebab timlo ini memiliki cita rasa yang lezat dan segar, karena timlo ini sekilas mirip dengan soto. Berkuah bening dan di dalamnya berisi telur ayam bacem atau pindang, potongan jeroan ayam, dan yang khas adalah potongan sosis ayam khas Solo. Dan ini sangat cocok untuk lidah Anda karena memang rasanya yang sangat gurih, lezat dan segar. Anda bisa mengunjungi salah satu warung timlo, yakni Warung Timlo Sastro yang terletak di sebelah timur pasar Gede Solo. Dan dibuka pada pukul 7 pagi setiap hari.

4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan
ilustrasi via: wordpress.com

Selat Segar Solo

Kuliner selanjutnya adalah selat Solo. Makanan ini di adopsi dari Eropa, yang maksudnya adalah salad. Tapi orang Indonesia menyebutnya dengan Selat. Dan selat Solo ini sangat khas karena di dalamnya terdiri dari beberapa jenis sayuran yakni buncis, tomat, kentang, wortel, dan selada, dan diberi tambahan telur bacem dan mayonnaise, serta yang paling menonjol adalah daging atau kornet yang sudah di potong tipis berbentuk lingkaran tersaji dipirin bersama sayuran yang lain. Kemudian di siram dengan kuah kecap yang hampir mirip dengan kuah steak. Sangat lezat! Jika Anda ingin mencobanya, coba datang saja ke Warung Selat Mbak Lies Serengan, buka setiap hari mulai pukul 9 pagi.

4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan
ilustrasi via: resepumi.com

Sate buntel

Kuliner yang keempat adalah Sate buntel. Sate ini hanya ada di Solo lho. Jadi jika Anda ingin mencobanya datang saja ke Solo. Sate ini merupakan sate yang terbuat dari daging kambing yang dicincang lalu di balut dengan bumbu. Kemudian setelah sate di balut bumbu dibungkus didalam lemak kambing lalu di tusuk dan di bakar. Maka dari itu, sate ini dinamakan sate buntel karena memang mirip seperti buntelan. Sate buntel disajikan dengan bumbu kecap dengan potongan bawang merah, cabai dan jeruk nipis. Jika Anda ingin mencobanya, datang saja ke warung sate buntel di Jalan Sutan Syahrir No.39 Widuran Solo. Dijamin mak nyuss…

4 Kuliner Khas Solo yang Bikin Ketagihan
ilustrasi via: tokomesin.com

(Julie)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY