Bahaya Mengucek Mata dengan Tangan, Awas Beresiko Kebutaan!

0
133
views
bahaya mengucek mata

Jika sebelumnya saya telah membahas Cara yang Dapat Dilakukan untuk Menjaga Mata Agar Tetap Sehat, kali ini saya akan membahas tentang bahaya mengucek mata dengan tangan.

Kebiasaan Mengucek Mata

Kita pasti pernah mengucek mata dengan tangan, entah karena kelilipan, terkena debu, terasa perih, gatal, kering, atau saat kita bangun tidur. Mengucek mata dengan tangan bahkan menjadi kebiasaan bagi sebagian orang.

Mungkin kebanyakan orang beranggapan bahwa dengan mengucek mata, akan membuat mata menjadi lebih baik. Sebenarnya, hal ini karena dengan mengucek mata akan merangsang mata mengeluarkan air mata yang menghilangkan iritasi dan debu.

Padahal mengucek mata dengan tangan sangat beresiko menimbulkan gangguan pada mata. Seperti yang kita ketahui bahwa tangan merupakan sarang bakteri dan kuman.

Mengapa Mengucek Mata dengan Tangan Bahaya?

Ketika digunakan untuk mengucek mata, maka mata kita secara langsung akan bersentuhan dengan bakteri. Mata merupakan organ yang sangat rentan mengalami infeksi baik diakibatkan virus, jamur, kotoran, maupun parasit.

Bahaya Mengucek Mata dengan Tangan

Kebiasaan mengucek mata akan berbahaya dalam jangka panjang. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas bahaya mengucek mata dengan tangan yaitu :

• Meningkatkan Resiko Infeksi Mata

Ketika mengucek mata dengan tangan yang kotor, akan terjadi perpindahan debu, kotoran maupun bakteri ke mata. Tindakan mengucek mata akan menimbulkan goresan pada pelindung mata yang berupa membran berlendir.

Perlu diketahui, membran berlendir adalah tempat yang disukai bakteri dan parasit untuk berkembang biak. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada mata.

• Menimbulkan Lingkaran Hitam di Sekitar Mata

Kita sering meyakini bahwa munculnya lingkaran hitam disekitar mata karena kurang tidur. Padahal, lingkaran hitam juga dapat disebabkan kebiasaan kita yang sering menggosok atau mengucek mata.

Saat mengucek mata, akan menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil di sekitar mata, hal inilah yang menyebabkan timbulnya lingkaran hitam di sekitar mata.

• Penglihatan Memburuk (Miopia/ Mata Minus)

Bagi penderita miopia atau rabun jauh, menggosok mata akan semakin memperburuk daya penglihatan. Hal ini karena retina mata yang sudah melemah, malah mendapat gesekan dan tekanan yang terus menerus karena kegiatan mengucek mata.

• Penipisan Kornea Mata

Kebiasaan mengucek mata akan membuat tekanan yang membuat tipisnya kornea mata. Penipisan ini bisa berakibat pada kerusakan penglihatan yang tidak dapat diperbaiki dan menimbulkan keratoconus.

• Timbulnya Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit pada mata yang perlu diwaspadai. Glaukoma terjadi karena rusaknya saraf mata yang diakibatkan bola mata mendapat tekanan secara terus menerus. Glaukoma menyebabkan rusaknya pembuluh darah kecil yang menuju mata serta menghentikan aliran darah ke mata.

• Pendarahan pada Mata

Tekanan yang kuat pada mata saat mengucek juga dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah pada mata hingga pecah. Hal ini menyebabkan gumpalan darah tampak memenuhi bola mata yang berwarna putih.

• Penyebab Timbulnya Mata Bintitan

Ternyata mata bintitan juga dapat disebabkan kebiasaan mengucek mata dengan tangan. Hal ini karena bakteri yang masuk ke dalam mata akan menimbulkan alergi yang menyebabkan munculnya benjolan atau bintitan pada mata.

• Resiko Kebutaan

Ini merupakan resiko yang mengerikan dari kebiasaan mengucek mata. Bagi penderita glaukoma tidak akan merasakan tanda awal. Sehingga glaukoma yang parah dan tidak segera diobati bisa menimbulkan memburuknya penglihatan bahkan menjadi kebutaan.

Ternyata kebiasaan kecil seperti mengucek mata dengan tangan tanpa kita sadari dapat menimbulkan bahaya bagi mata. Sehingga sebaiknya hindari kebiasaan mengucek mata dan usahakan selalu menjaga kesehatan mata.

(SS)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY