MOMOK DIABETES DAN SOLUSI ALAMINYA

0
59
views
diabetes dan solusi

Jika sebelumnya saya telah membahas tentang 4 cara jaga kehidupan bercinta dengan diabetes, selanjutnya saya akan membahas mengenai diabetes dan solusi yang diberikan oleh alam.

A. Definisi Diabetes

Dalam masyarakat awam, diabetes dikenal dengan penyakit jangka panjang yang disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi akibat adanya gangguan pada sistem metabolisme di dalam tubuh.

Peningkatan kadar gula darah pada pengidap diabetes dapat berisiko terhadap kesehatan seperti kelelahan, pusing, kerusakan saraf, penyakit jantung, hingga mengalami kebutaan bahkan kesadaran menurun.

Biasanya, penderita diabetes akan sangat membutuhkan hormone insulin sebagai salah satu penangkis penyakit agar penderita tidak mudah terserang penyakit berbahaya lainnya.

Penderita diabetes juga perlu memperhatikan pola makan dan jenis makanannya guna mengkontrol kadar gula dalam darah. Selanjutnya, diabetes dan solusi yang diberikan oleh alam akan dibahas lebih lanjut.

B. Gejala Diabetes Secara Umum

Tidak ada penyakit yang datang secara tiba-tiba, begitu pula dengan penyakit diabetes. Jika dicermati lebih lanjut, terdapat beberapa gejala diabetes yang biasa dialami oleh penderitanya. Beberapa gejala diabetes secara umum tersebut antara lain adalah:

1. Frekuensi buang air kecil yang terlalu sering

Tingginya kadar glukosa atau gula dalam darah membuat tubuh menarik air dari sel ke darah. ‘Kelebihan’ cairan ini kemudian dikeluarkan dalam bentuk urin, sehingga frekuensi buang air kecil pun meningkat.

2. Lebih cepat haus

Tubuh membutuhkan asupan cairan yang lebih banyak karena frekuensi buang air kecil yang terlampau sering. Rasa haus ini adalah reaksi tubuh agar tetap terhidrasi dari asupan cairan.

3. Rasa lapar yang berlebihan

Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan glukosa sebagai sumber energi dengan baik; sehingga secara alami tubuh akan memberi respon pada Anda untuk terus makan guna memperoleh lebih banyak energi.

4. Penurunan berat badan secara drastis

Hal ini terjadi karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara efektif. Akibatnya lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi sehingga pasien mengalami penurunan berat badan secara tiba-tiba.

5. Kelelahan kronis

Glukosa adalah bahan yang selanjutnya akan diolah tubuh menjadi sumber energi bagi manusia untuk menjalankan aktifitasnya. Pada penderita diabetes ini, terdapat kasus tubuh gagal mengolah glukosa sehingga glukosa ikut keluar bersama urine.

Ketika tubuh gagal mengolah glukosa menjadi energi, maka penderita akan terasa lesu dan menjadi mudah lelah. kelelahan tersebut akan terjadi secara terus meners dan berkepanjangan.

6. Penglihatan mulai kabur

Kadar glukosa yang terlalu tinggi juga dapat berpengaruh terhadap kemampuan penglihatan pasien diabetes.

C. Tipe dan Ciri-Ciri Khusus Diabetes

Ciri-ciri diabetes pada tipe 1 dan 2 memang hampir sama. Gejala diabetes tipe 1 maupun 2 hampir tidak bisa dibedakan bila anda tidak segera mendapatkan penanganan medis. Namun, ada beberapa hal yang mungkin bisa membedakan gejala diabetes tipe 1 dan 2.

a. Ciri-Ciri Gejala Diabetes Tipe 1

Meskipun gejala diabetes tipe 1 dan 2 nyaris sama, tetapi gejala diabetes tipe 1 sering datang secara tiba-tiba. Gejala bisa terjadi dalam hitungan hari atau minggu, sehingga bisa membuat kondisi penderitanya bertambah parah.

b. Ciri-Ciri Gejala Diabetes Tipe 2

Sementara ciri-ciri diabetes tipe 2 umumnya akan berkembang secara bertahap. Gejala pada diabetes tipe 2 juga bisa ditandai dengan proses penyembuhan luka yang terbilang lambat atau rasa nyeri maupun mati rasa di kaki.

D. Diabetes dan Solusi Alam Bagi Penderita Diabetes

Seperti yang sering kita dengar, bahwa tidak ada penyakit yang tidak dapat diobati. Tuhan menciptakan penyakit diabetes dan solusi terhadapnya melalui alam.

Perkembangan teknologi yang serba cepat membuat manusia mampu menguak keajaiban alam yang sempat terpendam. Beberapa tanaman dibawah ini ternyata telah terbukti mampu menurunkan kadar gula dalam darah.

1. Phaleria Macrocarpa

Tanaman obat Phaleria Macrocarpa mengandung Zat Saponin yang menurut penelitian ilmiah dapat menurunkan kadar gula darah Anda ketika melewati batas normal.

2. Andrographis Paniculata

Andrographolide yang tergandung dalam tanaman obat Andrographis Paniculata yang punya efek kuat hipoglikemik (menurunkan kadar gula dalam darah).

3. Morinda Citrifolia

Tumbuhan Morinda Citrifolia disebut sebagai ’Buah Untuk Diabetes’ karena mengandung senyawa terpenoid yang bekerja merevitalisasi sel beta pengkreas hingga tubuh Anda kembali dapat memproduksi insulin yang bertugas mengendalikan kadar gula darah.

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY