Hujan Pertama Turun Ke Bumi Memiliki Beberapa Fakta Unik!

0
254
views
Hujan Pertama Turun Ke Bumi Memiliki Beberapa Fakta Unik!
ilustrasi via: klimg.com

Megawarta.com – Saat musim kemarau sudah menaung cukup lama, tentu saja persedian air akan menipis hingga musim penghujan sangat dinanti oleh semua orang apalagi yang tinggal di Negara dengan iklim tropis seperti Indonesia. Dan tahukah Anda saat hujan turun pertama kali ke bumi, memberikan banyak fakta unik lho. Ingin tahu fakta unik apa saja yang terjadi saat hujan pertama kali turun ke bumi? Simak ulasan selengkapnya di Megawarta.com ya.

Munculnya petrichor

Fakta yang pertama mengenai hujan pertama yang turun ke bumi adalah munculnya petrichor. Apa itu petrichor? Ini adalah sebuah aroma alami yang bisa Anda cium ketika hujan turun dan membasahi tanah Anda yang kering.

Kata petrichor sendiri merupakan kosa kata dari Yunani yang di ciptakan oleh 2 ilmuan yakni Bear dan Thomas yang berasal dari Australia sekitar tahu 1964 di sebuah jurnal ilmiah mereka. Dan biasanya aroma khas ini bisa membuat seseorang merasakan rindu terhadap memori masa lalu lho.

Membersihkan udara

Fakta unik yang kedua adalah dapat membersihkan udara. Jika Anda mengamati lebih dalam, saat musim kemarau tentu debu akan jauh lebih tebal karena tiupan angin, apabila hujan turun pertama kali tentu saja debu akan hilang dan udara juga menjadi lebih segar dan bersih. Serta memberikan rasa nyaman, tidak terasa panas seperti saat musim kemarau.

Tidak baik untuk kesehatan

Fakta unik yang ketiga adalah bahwa saat hujan pertama kali turun ke bumi bisa memberikan efek yang tidak baik untuk kesehatan lho. Jadi sebaiknya saat Anda atau buah hati Anda ingin bermain hujan-hujanan, ada baiknya tunggu hingga hujan turun selama 5 menit, setelah itu Anda bisa bermain hujan tapi dengan batasan waktu ya, agar kondisi Anda tidak drop. Dan bagi Anda yang tak ingin rambut Anda rusak, hindari hujan pertama ini turun selama 5 menit, agar rambut Anda tetap terjaga kesehatannya.

Kotor

Fakta unik selanjutnya adalah hujan turun pertama kali bisa membuat lingkungan Anda menjadi kotor. Ini terjadi karena tanah yang sebelumnya kering dan berdebu, dengan durasi dan volume yang besar tersiram oleh air hujan. Sehingga akan membuat tanah menjadi lumpur atau becek dan menyiprat kemana-mana. Tentu saja hal ini akan membuat lingkungan Anda menjadi lebih kotor.

Memiliki kecepatan rendah

Fakta Unik yang kelima hujan turun pertama kali ke bumi memiliki kecepatan yang rendah. Ini memang terjadi akibat efek gesekan awan yang berisi air hujan yang bergesekan dengan atmosfer sehingga air hujan yang turun ke bumi memiliki kecepatan yang rendah. Ini baik, dibanding memiliki kecepatan yang tinggi justru akan membuat bumi menjadi rusak.

Satu tetes hujan yang pertama turun ternyata berat

Fakta unik selanjutnya tentang hujan yang pertama kali turun ke bumi ternyata satu tetes hujan memiliki berat yang lumayan lho yakni sekitar 1 kg saat air jatuh dari langit dengan ketinggian 15 cm.

Bentuk air hujan ternyata berubah-ubah

Selanjutnya tentang bentuk air hujan yang berubah-ubah hingga beberapa kali dalam satu detiknya. Bentuknya beragam dari mulai bulat lalu membesar, ceper hingga berbentuk seperti hamburger. Unik bukan?

Nah itulah beberapa fakta unik pada hujan saat pertama kali turun membasahi bumi. Semoga informasi ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi Anda.

Sumber: Brilio.net

(Julie)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY