Investasi dan Pengeluaran Bulanan? Atur Keduanya Dengan 4 Step Mudah!

0
327
views
Investasi dan Pengeluaran Bulanan? Atur Keduanya Dengan 4 Step Mudah!
ilustrasi via: pediaku.com

Megawarta.com – Anda ingin melakukan investasi tetapi juga ingin mengatur pengeluaran bulanan? Sebenarnya mana kah yang lebih penting Anda dahulukan? Investasi atau pengeluaran bulanan? Jika dilihat keduanya sama-sama merupakan hal penting, jika investasi berdampak bagi kelangsungan hidup Anda di masa depan, maka pengluaran bulanan juga penting untuk kelangsungan hidup Anda saat ini. Lalu bagaimana cara mengaturnya? Jangan bingung, semua itu bisa Anda atur dengan 4 step mudah lho. Penasaran? Simak ulasan lengkapnya ya.

Bagilah Pengeluaran Anda

Step pertama yang harus Anda lakukan adalah membagi pengeluaran Anda. Anda bisa mengatur pengeluaran Anda sesuai dengan kebutuhan Anda saat Anda mulai menerima pemasukan. Misalnya saja pengeluaran Anda terbagi untuk membeli kebutuhan harian, membayar hutang atau cicilan bulanan, kebutuhan untuk hiburan dan juga berinvestasi. Dengan Anda membagi pengeluaran Anda, maka Anda sudah dapat merencanakan keuangan Anda secara rinci jauh lebih awal.

Buatlah Komitmen

Step yang kedua coba buat sebuah komitmen. Komitmen tersebut adalah dengan berinvestasi atau menabung untuk kebutuhan masa depan Anda. Anda bisa mengganggarkan dana 10 % dari pengeluaran Anda yang sudah Anda bagi sebelumnya. Komitmen ini penting Anda lakukan, agar Anda merasa bertanggung jawab untuk selalu menabung sebanyak 10% secara rutin setiap bulannya.

Pisahkan Rekening Tabungan

Step yang ketiga adalah dengan memisahkan rekening tabungan Anda. Bedakan rekening tabungan yang untuk berinvestasi atau menabung, dengan rekening untuk pengeluaran harian Anda. Hal ini mengantisipasi dari tindak pemborosan. Dan saat rekening untuk tabungan Anda sudah cukup banyak, Anda bisa memindahnya dengan berinvestasi jangka panjang berupa tabungan deposito atau pun dengan reksadana.

Pisahkan Pengeluaran Tidak Terduga

Step yang keempat, pisahkan pengeluaran tidak terduga. Anda perlu menganggarkan untuk hal yang satu ini. Sebab siapa pun pasti akan mengalami hal yang bersifat darurat atau tidak terduga. Oleh sebab itu dibanding Anda bingung saat di posisi tersebut, ada baiknya Anda juga mengalokasikan dana untuk pengeluran darurat atau tidak terduga.

Dan semua itu, tentu harus diimbangi dengan gaji yang sesuai untuk mengatur dana dalam bentuk investasi. Jika Anda memang sudah sesuai dan bisa memenuhi semua kebutuhan Anda, nah langsung saja atur investasi dengan 4 step di atas ya.

Sangat mudah bukan 4 step yang bisa Anda lakukan untuk mengatur keuangan Anda antara investasi dan pengeluaran bulanan? Semoga bermanfaat ya bagi Anda.

Sumber: Liputan6.com

(Julie)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY