Maag Si Penyakit Yang Dianggap Remeh, Tapi Bisa Mematikan!

0
18
views
maag bisa mematikan

Saya tertarik dengan berita kematian salah satu mahasiswa Institut ternama di Indonesia yang meninggal karena penyakit Maag. Kenapa demikian? Karena ternyata banyak orang yang menganggap remeh penyakit ini. Padahal walaupun maag penyakit biasa, tapi maag bisa mematikan lho. Nah berikut penjelasannya

Maag atau juga biasa disebut gastritis merupakan suatu keadaan dimana terjadi pembengkakan, peradangan atau iritasi pada lapisan lambung. Biasanya penyakit ini disebabkan si penderita yang kurang memperhatikan pola makannya, aktivitas berlebihhan dan stress.

Penderita maag menganggap ini adalah penyakit ringan dan membiarkannya hingga penyakit ini terus berkembang. Padahal maag penyakit biasa tapi maag bisa mematikan penderitanya apabila si penderita terlalu menganggap remeh dan tidak mau mengubah gaya hidupnya.

Kenapa Disebut “Maag Penyakit Biasa Tapi Maag Bisa Mematikan?”

Pada dasarnya penyakit maag dibedakan menjadi dua yaitu maag akut dan maag kronis.penyakit maag yang disebabkan karena peradangan lambung akibat bakteri Helicobacter Pylori disebut maag kronis, bakteri tipe ini bahkan dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kanker lambung. Hal inilah yang menjadi dasar bahwa maag penyakit biasa tapi bisa mematikan

Sedangkan penyakit maag akut adalah penyakit maag yang disebabkan akibat faktor stress, pemakan zat- zat kimia tertentu, minuman keras serta kebiasaan pola makan yang buruk.

Penyembuhan penyakit maag dapat dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lender atau kekejangan otot dinding lambung. Dan berikut adalah referensi bahan herbal yang dapat membantu mengatasi sakit maag.

1.Cingcau hijau

Cingcau merupakan daun yang memiliki kandungan yang bagus untuk kesehatan lambung. Cingcsu mengandung zat anti oksidan yang bagus, selain itu cingcau juga mengandung anti perasangan yang dapat mengatasi peradangan pada lapisan lambung yang ditimbulkan karena asam lambung berlebih.

2.Temulawak

Sifatnya aromatic, tajam dan agak pedas. Dengan kandundungan kurkumin, zat tepung, glikosida, karbinol, protein, serat, kalium, oksalat dengan kandungan tersebut temulawak dapat mengobati asam lambung atau penyakit maag dan sebaai pilihan dalam menghadapi asam lambung ketika tiba- tiba muncul dengan cara merebus 30 gram rimoang temulawak, lalu airnya diminum.

3.Kacang Hijau

Kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk pengobatan sakit maag karena mampu menebalkan lapisan lambung. Selain itu, juga bisa menetralkan kadar asam lambung yang berlebih. Cara mengkonsumsinya cukup makan bubur kacang hijau buatan sendiri yang tanpa santan. Usahakan jangan terlalu lama memasaknya. Makan bubur tersebut secara rutin pagi dan sore hari.

4.Kunyit

Sifat- sifat kunyit yang dapat menyembuhkan luka sudah dilaporkan sejak tahun 1953. Studi kasus untuk sakit perut akibat tukak lambung yang telah dilakukan, setelah 12 minggu pengobatan, 88% pasien yang menerima pil kunyit (3 pil setara dengan 4 gram) memperlihatkan perbaikan yang signifikan.

5.Pisang Raja

Buah pisang raja ini mampu melindungi selaput lender lambung dari asam lambung karena mengandung antitukak peptic (anti luka pada lambung)

Menggunakan tanaman obat serta buah seperti yang telah disebutkan diatas diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam menjalani pengobatan agar diperoleh hasil yang memuaskan, disamping itu penyebab atau pemicu naiknya asam lambung harus dihindari, pola hidup yang sehat dan teratur akan membantu anda terhindar dari penyakit maag.

ARM

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY