Haid Terus Menerus Tanpa Henti? Waspada Miom Pada Rahim

0
134
views

Miom pada rahim merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang sebagian kaum wanita. Miom merupakan daging tumor yang tumbuh di sekitar area rahim.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa 20 hingga 30 persen wanita di seluruh dunia terkena penyakit miom pada rahim mereka.

Haid Terus Menerus Tanpa Henti? Waspada Miom Pada Rahim

 

Di Indonesia sendiri, setidaknya ada 2,39 hingga 11,7%  pasien masalah ginekologi yang dirawat di rumah sakit ternyata menderita penyakit miom pada rahim.

Hal ini menandakan, bahwa kaum wanita cukup beresiko untuk terkena penyakit ini. Sebenarnya, seperti apakah yang dimaksud dengan penyakit miom pada rahim atau juga yang disebut sebagai mioma rahim tersebut?

Tumor Jinak

Ahli kesehatan menyebutkan bahwa penyakit miom ternyata merupakan tumor jinak yang muncul pada otot polos rahim.

Tumor jinak ini memiliki ukuran tidak lebih dari 15 cm saja. Dalam beberapa kasus, tumor ini bisa berkembang hingga mencapai ukuran yang sangat besar.

Tanda dari masalah miom yang sebaiknya harus  diwaspadai oleh kaum hawa sejak dini. Tanda-tandanya yaitu haid yang terus-menerus tanpa henti atau dalam dunia medis disebut sebagai menoragia.

Menurut ahli kesehatan, 20 hingga 30% kasus haid yang tak kunjung berhenti memang disebabkan oleh penyakit miom pada rahim.

Kemudian sisanya disebabkan oleh polip, endometriosis, dan masalah kesehatan lainnya. Namun yang paling besar adalah siklus haid yang tidak berhenti.

Haid Terus Menerus

Hingga sekarang, pakar kesehatan belum menemukan alasan yang mengapa miom bisa menyebabkan haid tidak kunjung berhenti.

Namun, ada beberapa teori yang menyebutkan bahwa penyakit miom pada rahim bisa menurunkan kontraksi pada otot rahim, sehingga membuat permukaan dinding rahim menjadi semakin luas sekaligus membuat pembuluh darahnya melebar dan menyebabkan pendarahan terus-menerus.

Hanya saja, teori tersebut belum ada penelitian yang benar-benar secara pasti yang memastikan teori ini benar atau tidaknya.

Tidak  hanya haid yang tak kunjung berhenti, kaum wanita bisa merasakan efek buruk berupa tubuh yang semakin  dan mudah lemas.

Selain itu, karena adanya tekanan dari tumor yang menekan pad

Komentar

komentar