Museum Kata Andrea Hirata

0
291
views
Museum Kata Andrea Hirata

Megawarta.com – Anda tentu sudah tak asing dengan film yang berjudul Laskar Pelangi, film karya Andrea Hirata memang sangat laris manis di Indonesia karena filmnya yang sangat inspiratif.

Larisnya film ini membuat Andrea Hirata berinisiatif membangung sebuah museum. Museum kata adalah nama yang diberikan Andrea Hirata, isi dari museum kata tersebut tentu berkaitan dengan segala hal mengenai film Laskar Pelangi. Museum kata ini berdiri di di Jalan Raya Laskar Pelangi No.7, Gentong, Belitung Timur.

Saat Anda mulai menginjakkan kaki Anda di depan halaman museum, suasana mengenai film Laskar Pelangi sudah sangat kental. Bahkan saat Anda masuk, Anda akan disuguhi berbagai macam foto yang terpasang di dinding halaman museum ini yang berisi tentang sebuah perjalanan karya sastra yang sangat di banggakan masyarakat Belitung.

Semakin Anda memasuki ruangan di dalam museum tersebut, tentu semakin banyak Anda mendapat suguhan berupa foto-foto yang berisi kalimat inspiratif karya Andrea Hirata. Dan salah satu kalimat inspiratifnya adalah “Bermimpilah karena Tuhan anak memeluk mimpi-mimpimu”. Dan ada pula beberapa kutipan dari novel yang sangat inspiratif ini.

Didalam ruangan juga terdapat meja yang berisi buku-buku yang dibiarkan tak tertata rapi, serta tak ketinggalan kumpulan foto-foto yang berisi adegan dari film Laskar Pelangi tersebut. Foto-foto tersebut sebagian besar terbingkai cantik dan tertempel di sudut-sudut dinding ruangan. Ada juga cover-cover Laskar Pelangi yang di bingkai menjadi hiasan dinding, dan foto tersebut adalah foto cover Laskar Pelangi yang berhasil di terbitkan oleh Negara-negara lain.

Ada beberapa ruangan di dalam museum kata tersebut dan Andrea Hirata memberikan nama pada setiap ruangannya dengan nama para tokoh dari film tersebut. pada ruangan pertama, Andrea Hirata memberikan nama ruang Ikal, disana Anda dapat melihat cuplikan novel mengenai tokoh di film Laskar Pelangi yang bernama Ikal. Yang menjadi daya tarik dari ruangan Ikal adalah sebuah foto dimana Ikal berpisah dengan Lintang. Itu adalah adegan yang sangat menyentuh.

Selanjutnya adalah ruang Lintang,tokoh yang satu ini terkenal menjadi sosok yang sangat cerdas dan menjadi kebanggaan teman-temannya. Semua foto-foto tentang Lintang selama adegan film Laskar Pelangi bisa Anda lihat disana.

Dan menginjak ruangan selanjutnya adalah ruanga Mahar. Mahar adalah tokoh yang sangat mencinta berbagai macam kesenian, tak heran jika sosok yang nyentrik ini pun mengidolakan Rhoma Irama. Dan foto-fotonya bisa langsung Anda jumpai disana.

Seteleha ruang Mahar, ruangan selanjutnya adalah dapur yang disulap menjadi sebuah warung kopi. Disana Anda akan melihat sebuah papan yang menempel pada dinding dengan tulisan “Warkop Kopi Kuli”, dan disana Anda pun bisa menikmati kopi sambil bersantai dengan pengunjung lainnya.

Museum kata ini sebenarnya sudah diresmikan sejak tahun 2012 tepatnya pada bulan November. Dan biaya masuk untuk museum kata adalah gratis alias sama sekali tak dipungut biaya.

Ini adalah museum sastra pertama dan menjadi museum sastra satu-satunya di Indonesia. Dari museum kata Anda dapat banyak sekali mendapat ilmu mengenai karya sastra yang selalu memiliki hubungan yang erat dengan kehidupan.

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea HirataWarkop Kupi Kuli – Museum Kata

(Julie)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY