Nyeri Haid Berbahaya? Ini Cara Alami Mengatasinya!

0
32
views
nyeri haid

Nyeri haid adalah masalah yang dihadapi hampir setiap wanita pada usia produktif. Masalah nyeri haid adalah masalah yang cukup mengganggu.

Rasa nyeri saat menstruasi tiba memang keadaan yang biasa terjadi. Namun keadaan tersebut dapat menganggu aktivitas, terlebih jika rasa nyeri tersebut terasa sakit luar biasa.

Nyeri haid atau dismenorea adalah kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang muncul sebelum atau saat mengalami menstruasi.

Sakit yang dirasakan setiap wanita bebeda beda. Dari yang nyeri biasa sampai bisa cukup parah dan menyebar hingga ke punggung, paha dan seluruh tubuh.

Faktanya, terkadang kita tidak dapat menghindari datangnya rasa sakit ini. Cara paling simpel bagi sebagian orang adalah dengan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas semacam parasetamol dan lainnya.

Namu, amankan apabila kita mengkonsumsi obat pereda nyeri ini secara berkala? Keuntungan ketika menelan obat penghilang nyeri haid tentu saja rasa sakit akan hilang.

Namun, hal ini justru dapat memberi dampak yang negatif terhadap tubuh kita apabila kita selalu tergantung dengan obat pereda nyeri haid ini.

Umumnya, obat pereda nyeri haid memiliki efek jangka panjang. Beberapa fakta tentang efek jangka panjang dari mengkonsumsi obat pereda nyeri haid adalah dapat memperlambat aliran darah.

Beberapa pakar kesehatan mengakui aliran darah melambat ketika seorang wanita mengosumsi ibuprofen, sejenis obat yang tergolong dalam kelompok anti peradangan.

Saat haid, anda kehilangan banyak darah, dengan melambatnya aliran darah dapat membuat anda lebih nyaman.

Selain itu, penelitian mengungkapkan bahwa sering menelan pil penghilang rasa sakit saat haid dipercaya meningkatkan risiko penyakit ginjal, hati, dan masalah jantung. Hal ini kisebabkan oleh konsumsi obat yang terlalu sering.

Cara Alami Mengatasi Nyeri Haid

Beberapa cara alami yang dapat dilakukan oleh seorang wanita untuk mengurangi atau nyeri saat mengalami menstruasi adalah sebagai berikut:

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Berdasarkan penelitian, asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium dapat mengurangi nyeri pada haid.

Anda dapat mengonsumsi sayur dan buah dengan aneka macam. Seperti labu, ikan, dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati.

Mandi Air Hangat

Cara alami lainnya bisa dilakukan saat mandi. Mandi dengan air hangat akan membuat santai tubuh kita sehingga mengurangi rasa nyeri yang ada. Rasa hangat memang dapat membantu mengurangi rasa nyeri.

Minum Minuman Hangat

Minuman yang hangat memang dapat membantu, namun minuman yang mengandung kafein, alkohol dan tinggi gula harus dihindari karena dapat memperparah rasa nyeri. Maka dari itu, hindari minum kopi dan teh.

Sekalipun kafein dalam jumlah rendah dapat menimbulkan efek samping. Sebaiknya meminum minuman hangat seperti susu dan jahe.

Relaksasi

Pijatan pijatan kecil di bagian perut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul. Anda juga bisa melakukan pilates atau yoga untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit haid.

Relaksasi ini dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang dapat memperparah rasa nyeri pada perut.

Demikian beberapa informasi mengenai dampak dari mengkonsumsi obat pereda nyeri haid secara berkepanjangan dan cara alami mengatasinya.

Apabila rasa nyeri yang dirasakan tidak berkurang, sebaiknya periksakan ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebabnya.
(PRF)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY