Tanda Infertilitas yang Wajib Diketahui Wanita. Apa Saja Itu?

0
181
views
tanda infertilitas

Tanda infertilitas dapat dideteksi sedini mungkin. Untuk mengetahui apakah anda mengalami infertilitas atau tidak, anda harus mengetahui tanda tanda dari infertilitas tersebut.

Saat seorang wanita memasuki jenjang pernikahan di usia produktif, yaitu pada usia 19-49 tahun, pada umumnya haid sudah teratur. Akan tetapi, apabila haid masih belum teratur dan terjadi disminore, secepatnya harus diperiksakan ke dokter.

Jika ternyata haid tetap teratur, tidak ada keluhan seperti keputihan yang diiringi dengan nyeri perut bagian bawah, sering berhubungan tanpa menggunakan alat kontrasepsi tetapi belum juga hamil.

Atau pernah keguguran dalam kurun satu tahun ini, maka kondisi yang seperti ini disebut infertilitas atau ketidak suburan.

Berbicara tentang kesuburan, yang paling penting adalah bagaimana orang awam atau masyarakat umum dapat mengenali tanda-tanda kemungkinan terjadinya infertilitas sejak remaja.

Pola hidup yang tidak sehat seperti stres, pola makan yang salah, hobi mengkonsumsi makanan tidak sehat, begadang, dan kurangnya olahraga merupakan pola hidup yang banyak dijalani oleh para remaja jaman sekarang. Hal ini bisa menjadi faktor yang mempengaruhi fertilitas atau kesuburan seseorang.

Tak disangka sangka, ternyata hal seperti ini dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Pola hidup yang seperti itu selain dapat mengakibatkan beberapa penyakit, juga dapat menimbulkan obesitas yang berpengaruh terhadap kesuburan seseorang.

Dokter pun juga menyarankan agar para remaja saat ini banyak mengkonsumsi buah, sayuran, dan gandum yang berguna untuk mencegah obesitas yang berdampak pada kesuburan seseorang.

Tanda-tanda infertilitas pada wanita diantaranya adalah sebagai berikut:

Menstruasi tidak teratur dan nyeri

Jika anda mendapat menstrusi secara tidak teratur yang diikuti dengan jarak menstruasi terlalu jauh atau terlalu dekat, semisal lebih dari 35 hari atau kurang dari 21 hari, maka hal ini sudah merupakan tanda peringatan terjadinya infertilitas pada diri anda.

Selain itu, terdapat juga gejala-gejala lain seperti nyeri saat haid, kram perut, darah menstruasi yang keluar terlalu banyak atau terlalu sedikit (hanya berupa bercak bercak hitam).

Ketidakteraturan menstruasi ini bisa saja tanda dari gangguan ovulasi. Namun, bisa saja tanda seperti ini tidak ada hubungannya dengan ovulasi.

Saat tanda-tanda seperti diatas itu muncul, segera periksakan ke dokter untuk memastikan apakah ada gangguan hormon pada sistem reproduksi anda.

Kegugurab berkali – kali

Keguguran adalah keluarnya janin sebelum usia kehamilan mencapai 20 minggu. Pada umumnya, dokter akan menduga adanya infertilitas setelah seseorang mengalami keguguran 2 kali atau lebih secara berturut-turut.

Tanda seperti ini memang belum pasti, tetapi jika anda pernah mengalami keguguran sebanyak 3 kali berturut-turut, anda bisa memperkirakan penyebabnya adalah infertilitas.

Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dapat menunjukkan tanda infertilitas pada wanita. Naik turunnya hormon estrogen dapat berkontribusi banyak dengan gejala infertilitas.

Hal ini dapat ditunjukkan dengan munculnya tanda tanda seperti kenaikan berat badan yang berlebihan, pertumbuhan rambut wajah yang terlalu subur, jerawat kronis, dan lain-lain.

Jika anda tidak dapat mengendalikan semua kondisi ini, maka alangkah baiknya anda konsultasikan hal tersebut ke dokter.

Beberapa tanda infertilitas diatas mungkin sudah anda alami sebagian. Oleh sebab itu sebisa mungkin terapkan pola hidup sehat agar anda dapat terhindar dari infertilitas atau ketidaksuburan.

(PRF)

Komentar

komentar

LEAVE A REPLY